About m3

Minggu, 06 Desember 2009

Definisi, Tahap Penyelesaian, Dan Kriteria Algoritma

Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masala Urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah urutan langkah logis, berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.
Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. alur pikiran, yang artinya algoritma seseorang dapat berbeda dari algoritma orang lain. tertulis yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.
Algoritma di butuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah
Algoritma  Pemrograman  Program Agar algoritma dapat memerintah (diproses) komputer, maka dirubah menjadi bentuk program (melalui proses pemrograman).

Tahap Penyelesaian Masalah
Kriteria Pemilihan Algoritma
Ada Output
Efektifitas dan Efisiensi
Jumlah Langkahnya Berhingga
Berakhir
Terstruktur

Suatu Algoritma yg terbaik (The Best): “Suatu algoritma harus menghasilkan output yg tepat guna (efektif) dlm waktu yg relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dgn langkah yg berhingga & prosedurnya berakhir baik dlm keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya.“

Contoh:
Sebuah prosedur ketika akan mengirimkan surat kepada teman:
Tulis surat pada secarik kertas surat

Ambil sampul surat atau amplop

Masukkan surat ke dalam amplop

Tutup amplop surat dengan lem perekat

Tulis alamat surat yg dituju, jika tdk ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yg dituju, lalu tulis alamat tsb pd amplop surat.

Tempelkan perangko pada amplop surat

Bawa surat ke kantor pos utk diserahkan pd pegawai pos atau menuju ke bis surat untuk memasukkan surat ke dlm kotak/bis surat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar